SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah strategi yang berfokus pada peningkatan peringkat Anda di hasil pencarian secara organis organik atau tidak berbayar.

Jika sebuah bisnis memiliki situs web dan ingin menghasilkan traffic yang lebih relevan, SEO pasti harus menjadi bagian dari pemasarannya.

Sederhananya, SEO adalah proses mengoptimasi sebuah website agar berperingkat tinggi di mesin pencari seperti Google.

Berikut merupakan jenis-jenis dari SEO:

  1. On-Page SEO:

Teknik SEO ini berkaitan dengan faktor optimasi website seperti konten, struktur halaman, deskripsi, tag judul, internal linking dan kepadatan kata kunci.

  1. Off-Page SEO:

Teknik SEO ini dilakukan di luar halaman situs web seperti pembuatan tautan, pemasaran media sosial, dan blog tamu.

  1. Technical SEO:

Teknik SEO ini berkaitan dengan optimalisasi aspek teknis website seperti kecepatan website, mobile responsiveness dan keamanan website.

  1. Local SEO:

Teknik SEO yang berfokus pada pengoptimalan website agar muncul di hasil pencarian lokal seperti Google Maps dan Google Bisnisku.

  1. White Hat SEO

Teknik SEO dibuat sesuai dengan ketentuam mesin pencari seperti pembuatan konten berkualitas dan bangun backlink secara alami.

  1. Black Hat SEO

Teknik SEO ini dilakukan dengan cara tidak sesuai dengan ketentuan mesin pencarian. Seperti keyword stuffing, obfuscation dan membeli backlink. Teknik ini dapat mengakibatkan situs web dihukum atau bahkan dihapus dari mesin pencari.