Mungkin dari kalian banyak yang tidak tau dengan istilah marketing mix. Sebenarnya apa itu marketing mix?

Marketing mix merupakan kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan perusahaan untuk mencapai respons yang diinginkan di pasar sasaran. Marketing mix disebut atau bauran pemasaran mengacu pada serangkaian tindakan atau strategi yang digunakan perusahaan untuk memasarkan layanan atau produk yang dijualnya. Marketing mix sendiri memiliki 4 elemen 4P didalamnya yaitu:

  1. Product (produk)

Merupakan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen. Ini termasuk desain produk, kualitas, branding, kemasan dan fitur tambahan.

  1. Price (harga)

Merupakan uang yang dibutuhkan untuk membeli produk atau layanan. Ini termasuk harga, diskon, promosi dan harga lainnya.

  1. Place (tempat):

Merupakan cara perusahaan menawarkan produk kepada konsumen. Ini termasuk saluran distribusi, tempat penjualan, metode pengiriman dan strategi penyimpanan.

  1. Promotion (promosi)

Merupakan upaya perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Ini termasuk iklan, promosi, hubungan masyarakat dan strategi pemasaran lainnya. 

 

Namun seiring berkembangnya strategi pemasaran, marketing mix yang awalnya memiliki 4P mengalami penambahan menjadi 7P. Elemen penambah tersebut merupakan

  1. People

Orang yang mengelola pemasaran. Orang disini mencakup trainer, customer, staff, dan lainnya.

  1. Process

Proses dimana layanan atau produk tersebut dikirimkan ke pelanggan. Proses ini mencakup produser hingga mekanisme pengiriman.

  1. Physical Evidence

Merupakan bukti fisik tentang segala yang dilihat oleh pelanggan. Seperti logo, website, interior toko, dan lainnya.

Lalu apa keuntungan dalam menggunakan marketing mix dalam bisnis? Marketing mix tentu memiliki banyak sekali keuntungan terutama dalam bisnis. Diantaranya adalah

  • Memperjelas tujuan pasar
  • Menyediakan pengaruh pada perilaku konsumen
  • Mengoptimalkan pengeluaran

Setelah kita mengetahui apa itu marketing mix dan apa saja keuntungannya, lalu bagaimana cara kita untuk mengimplementasikan marketing mix dalam bisnis. Untuk mengimplementasikan marketing mix bisnus, berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Analisis Pasar:

Melakukan analisis pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen dan pesaing di pasar.

  1. Pengidentifikasi segmen pasar:

Identifikasi segmen pasar potensial yang dapat Anda targetkan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

  1. Merancang produk atau layanan:

Merancang produk atau layanan yang memuaskan kebutuhan dan preferensi konsumen.

  1. Tetapkan harga:

Tetapkan harga yang mencerminkan nilai produk atau layanan dan harga pesaing.

  1. Tentukan saluran penjualan:

Menentukan saluran penjualan yang paling efektif untuk menjangkau target pasar.

  1. Rencanakan kampanye iklan:

Rencanakan kampanye iklan sesuai dengan produk atau layanan dan tujuan pemasaran yang ditetapkan.

  1. Evaluasi dan Peningkatan:

Mengevaluasi keefektifan setiap elemen bauran pemasaran dan meningkatkannya sesuai kebutuhan. 

Dalam menerapkan bauran pemasaran, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa faktor eksternal seperti kondisi pasar, perubahan teknologi, dan peraturan pemerintah dapat mempengaruhi strategi pemasaran. Oleh karena itu, perusahaan harus fleksibel ketika merencanakan strategi pemasaran dan membuat perubahan yang diperlukan untuk mengikuti perubahan pasar.